PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BELANJA SECARA ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.36975/jeb.v11i3.288Keywords:
Keputusan Pembelian, Kepercayaan, KemudahanAbstract
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yang berbelanja secara online pada website-website berbasis aplikasi pada internet. Adapun Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode snowball sampling. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) digunakan analisa Regresi Linear Berganda Berdasarkan hasil Uji Regresi Linear Berganda di peroleh persamaan: Y = 7,994 + 0,243X1 + 0,149X2 + ε.  Kemudian secara simultan didapatkan bahwa kepercayaan dan kemudahan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian berbelanja secara online. Sedangkan secara parsial baik itu variabel kepercayaan maupun variabel kemudahan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian berbelanja secara online. Sedangkan kepercayaan dan kemudahan dapat mempengaruhi keputusan pembelian berbelanja secara online sebesar 18,4%, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Disisi lain konsumen belumlah percaya sepenuhnya melakukan transaksi berbelanja pada toko online yang ada di website. Namun sebagian besar (80%) mengatakan kemudahan mereka berbelanja pada toko online, seperti mudah dipelajari, mudah digunakan, mudah untuk dilakukan, dan mudah untuk memperoleh informasi produkReferences
Adityo, Benito dan Khasanah, Imroatul, 2010, Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Kaskus, Jurnal Semarang : Universitas Diponegoro.
Cheng, K.K, et al, 2004, “Using an Online Homework ystem Enhances Students Learning of Physics Consepts in an Introdutory Physcs Course†Journal American Association of Physic Teacher, 72 (11) 1447-1453.
Davis, FD; R.P Bagozzi; P.R Warshaw, 1989, User Acceptance of Computer Tecnology : A Comparison of Two Theoretical Models, Management Science, 35, 8.
Ferrinadewi, Erna, 2008. Merek dan Psikologi Konsumen, Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Gefen, David, 2002, Customer Loyalty in E-Commerce. Journal of the Association for Information Systems, Vol. 3: Iss. 1, Article 2.
Gefen, F.D; Karahanna, E; dan Straub, D.W, 2003, Trust and TAM In Online Shopping : An Integrated Model, MIS Quaterly. Vol. 27 No. 1. March 2003, pp. 51-90.
Handayani,Tri. “Analisis Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Persepsi Risiko Belanja Online di Surabaya†(Skripsi-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PERBANAS, Surabaya, 2010).
Hasan, Iqbal, 2002, Pokok-pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan, Jakarta : Ghalia Indonesia.
Hawkins, D.I., Best, R.J., dan Coney, K.A. 1998. Consumer Behavior, New York: Mac Graw Hill, lnc, USA.
Http://en.Wikipedia.org/
Kotler, Philip dan Amstrong Gary, 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, 2000, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid pertama, Jakarta: Erlangga.
Koufaris, Marios dan Hampton-Sosa, William, 2004. “The Development of Initial Trust in an Online Company by New Costumerâ€, Information and Management 41, pp.377-397.
Rahadi, D.R, 2013, Pengaruh Karateristik Website Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Manajemen dan Binis, Vol. 5, No. 7.
Schiffman, Leon.G. dan Kanuk, Leslie, 2002, Perilaku Konsumen, Jakarta : PT. Indeks.
Simamora, Henry, 2003, Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.
Soetanto, Jefrey, 2017, Pengaruh kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi dan persepsi resiko terhadap keputusan pembelian melalui Situs Jejaring Sosial di Semarang, UNIKA.
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.
________2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Suliyanto, 2011, Ekonometrika Terapan-Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sutisna, 2003, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Suyanto, P, 2003, Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 6, No. 3.
Umar, Husein, 2004, Riset Pemasaran Dan Perilaku Pemasaran, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama