ANALISIS PENGARUH MEDIA IKLAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN HANDPHONE SAMSUNG ANDROID PADA MAHASISWA UIN SUSKA RIAU
DOI:
https://doi.org/10.36975/jeb.v9i4.57Keywords:
Media iklan, pengambilan keputusan pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media iklan (iklan koran, iklan majalah, iklan televisi, iklan luar ruangan, iklan internet) terhadap pengambilan keputusan pembelian handphone Samsung android pada mahasiswa UIN Suska Riau. Sedangkan hipotesis penelitian ini adalah diduga bahwa media iklan (iklan koran, iklan majalah, iklan televisi, iklan luar ruangan, iklan internet) berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian handphone Samsung android pada mahasiswa UIN Suska Riau. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Adapun Pengambilan sampel secara probabilitas dengan teknik snowball sampling sebanyak 100 responden. Untuk menguji hipotesis digunakan regresi linear berganda dengan melakukan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media iklan (iklan koran, iklan majalah, iklan televisi, iklan luar ruangan, iklan internet) secara simultan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian handphone Samsung android pada mahasiswa UIN Suska Riau. Sedangkan secara parsial iklan koran, iklan televisi, iklan luar ruangan, iklan internet memiliki pengaruh positif terhadap pengambilan keputusan pembelian, namun tidak begitu halnya dengan iklan majalah yang mana memiliki pengaruh negatif terhadap pengambilan keputusan pembelian handphone Samsung android pada mahasiswa UIN Suska Riau. Nilai koefisien determinasi (Adj R2) diperoleh 46,8 %, hal ini berart bahwa media iklan yaitu iklan koran, iklan majalah, iklan televisi, iklan luar ruangan, iklan internet secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.References
Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran jasa. Alfabeta. Bandung.
Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi I, Yogyakarta : BPEE.
Kotler, Philip. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid kedua, Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Indek. Jakarta.
Kotler, Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi KE-12, Jakarta: Erlangga.
Lamb, Charles W; Hair, Joseph F; McDaniel, Carl, Alih bahasa : David Octarevia, Pemasaran, Buku I, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2001.
Lee, Monle dan Johnson, Carla. 2004. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Prenada Media.
Rangkuti, Freddy, 2004. Riset Pemasaran, Gramedia Pustaka Umum : Jakarta.
Saladin, Djaslim, 2003, Manajemen Pemasaran, Bandung : Linda Karya.
Sugiono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiono, 2004, Metodelogi Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabeta, Bandung.
Swastha, Basu. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Swasta, Basu dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta : BP-FE.
www.topbrand-award.com