Dampak Kenaikan Harga Bbm Dan Inflasi Terhadap Pengeluaran Rata-Rata Per Kapita Di Riau
DOI:
https://doi.org/10.36975/jeb.v14i4.442Keywords:
Fuel Prices, Inflation, Per Capita ExpenditureAbstract
The aim of this research is to see the impact of rising fuel prices and inflation on average per capita expenditure in Riau. The data source obtained was secondary data obtained from BPS Riau in figures with a time series from 2015 to 2022. Data analysis techniques used multiple linear regression, classical assumption testing, and hypothesis testing. The research results show that for the classical assumption test all independent variables have no problems (the data are suitable for use in this research). the results of multiple linear regression obtained Y=-5,154+1689,456BBM-25,156,816Infalsi. and the results of the t test showed that variable X1 had a significant effect on the dependent variable, while variable X2 had no significant effect on the dependent variable. Meanwhile, the results of the F test showed that all independent variables had a significant effect on the dependent variable and the magnitude of the effect was 73.0 percent.References
Ade Novalina, 2017. Analisis Dampak Kenaikan Harga Bbm Terhadap Ketahanan Disposable Income Nelayan Desa Bagan Kecamatan Percut Sei Tuan. urnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik (JEpa), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-12, july 2018. ISSN 2527-2772. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/194>.
Alma, Buchari. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABETA.
Bekti Kumoro Ningsih, 2020. Analisis Pengaruh Pendapatan Per Kapita, Inflasi, Tingkat Simpanan Dan Nilai Tukar Terhadap Konsumsi Masyarakat Di Indonesia Tahun 2000-2018. DINAMIC : Directory Journal of Economic Volume 2 Nomor 1.
https://media.neliti.com/media/publications/373200-none-ba66e0b7.pdf .
Buchari Alma, 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, cetakan kelima, (Bandung: Alfabeta.
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Harunurrasyid, 2013. Pengaruh Perubahan Harga Bahan Bakar Minyak (Bbm) Terhadap Tingkat Inflasi Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol 11, No. 02. https://media.neliti.com/media/publications/284180-pengaruh-perubahan-harga-bahan-bakar-min-75a27cf9.pdf
Herman, 2023. Pengaruh UMR, jumlah penduduk, PDRB dan inflasi terhadap tingkat partisipasi angkatan kerja Kota Pekanbaru. Jurnal ilmu ekonomi dan pembelajaranâ€.Vol 11, No. 01.
DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i1.14916
Iskandar, I. 2020. Analisis pendapatan petani karet bibit unggul dan bibit tradisional di Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 11(3), 278-289.
Kotler, Philip. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara
Mahya Jauhar, 2021. Pengaruh Angka Harapan Lama Sekolah, Rata-Rata Lama Sekolah, Dan Pengeluaran Per Kapita Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika Vol.3No.2 http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prismatika .
Muhamad Abdul Halim, 2012, Teori Ekonomika Edisi 1, Tangerang: Jelajah Nusa.
Munawwaroh, Dita Anies. (2020). Analisis Regresi Linier Berganda. Semarang: Universitas Diponegoro.
Muhammad Izzah Al Islami, 2023. Pengaruh Harga Bbm Terhadap Daya Beli Masyarakat di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis (JIKB), Vol.XIV, No.1.
Murohman, 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pengeluaran Konsumsi Rumahtangga Di Indonesia (Periode Tahun 2000-2010). https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53561
Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. (R. I. Utami, Ed.). Yogyakarta: Andi.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Slamet dan Aglis (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen,. Sleman: CV Budi Utama.
Yunita, (2012), Pengaruh Word of Mouth, Iklan, dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Konsumen, Jurnal Manajemen Teknologi, Volume 11, No 1, Halaman 75-95.