PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA TINGKAT HUNIAN KAMAR DI GRAND MADINA HOTEL PEKANBARU

Authors

  • Teguh Hendra STIE Riau

DOI:

https://doi.org/10.36975/jeb.v11i4.292

Keywords:

Promosi Penjualan, Keputusan Konsumen

Abstract

Hotel sebagai tempat persinggahan sementara dari para wisatawan yang sedang mengadakan kegiatan wisata merupakan salah satu industri sentral di bidang pariwisata yang memerlukan SDM yang berkualitas hal ini di sebabkan karena parawisata yang menginap di hotel pada hakekatnya sedang melakukan perpindahan domosili meskipun hanya nuntuk sementara waktu.

Oleh karena itu selama  para wisatawan memerlukan jasa Pelayanan baik untuk akomodasi maupun restorannya. Demikian juga dengan Grand Madina Hotel, dalam upayanya untuk memberikan image, pihak manajemen melakukan berbagai kebijaksanaan termasuk dalam hal Pelayanan Dengan menyediakan tenaga kerja yang professional.

Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah utnuk mengetahui pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 orang pegawai. Pada uji validitas keseluruhan item pernyataan variabel promosi penjualan dan variabel keputusan dinyatakan valid karena diperoleh nilai rhitung > rtabel(0.198). Hasil regresi linier sederhana diperoleh nilai Y = 24.631+ 0.594 X. Dari hasil uji secara parsial atau uji t diperoleh nilai thitung(7.825) > ttabel (1.984) dengan tingkat sig 0.000 < 0.05 yang artinya promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0.389 atau 38.9%. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel Promosi Penjualan memberikan kontribusi terhadap perubahan-perubahan variabel Keputusan pembelian  sebesar 38.9%. sementara sisanya sebesar 61.1% (100%-38.9%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Abdullah, Thamrin, dan Tantri, Francis, 2013, Manajemen Pemasaran, Ed. 1, Cetakan ke-2, Rajawali Pers, Jakarta.

Fahmi, Irham, 2016, Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi, Cetakan Kesatu, Alfabeta, Bandung.

Mursid, M, 2014, Manajemen Pemasaran, Ed. 1, Cet. 7, Bumi Aksara, Jakarta.

Natalia, Priccila, dan Mulayana, Mumuh, 2014, Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol 2 No 2 ISSN 2337-7860, Sekolah Tinggi Ilmu Kesatuan Bogor.

Sujarweni, V. Wiratna, 2014, Metodologi Penelitian, Pustakabarupress. Cet.1. Yogyakarta.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, cetakan ke-23, Alfabeta, Bandung.

Sunyoto, Danang, 2015, Perilaku Konsumen dan Pemasaran ( Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen), Cet-1, CAPS (Center of Academic Publishing Service), Yogyakarta.

Sunyoto, Danang, 2015, Strategi Pemasaran (Konsep Memenangkan Persaingan Bisnis dan Menakar Keberhasilan Strategi Menarik Konsumen, Cetakan Pertama, CAPS (Center of Academic Publishing Service), Yogyakarta.

Saladin, Djaslim, 2011, Manajemen Pemasaran (Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi, Dan Tanya Jawab), Cetakan ke 2, Agung Ilmu, Bandung.

Sudaryono, 2016, Manajemen Pemasaran (Teori & Implementasi), Ed.I, CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Chandra Gregorius, 2017, Pemasaran Strategik (Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Costumer Satisfaction, Strategi Kompetitif, Hingga e-Marketing), Edisi 3, CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Wahyuni, Sri, 2016, Pengaruh Promosi Penjualan dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tabungan Simpedes, PT. Bank Rakyat Indonesia, Advance Vol 3 No. 1 ISSN 2337-5221, Institute Keuangan dan Perbankan Informatika Asia, Perbanas, Jakarta.

Yuliani, Lina, 2017, Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Istana Kerudung Pangkalan Kerinci, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau (STIE Riau).

Downloads

Published

2020-12-30

Issue

Section

Articles