PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGINAP DI GRAND MADINA HOTEL PEKANBARU

Authors

  • yulia harwina sekolah tinggi ilmu ekonomi riau

DOI:

https://doi.org/10.36975/jeb.v11i4.293

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada Grand Madina Hotel Pekanbaru. Rumusan masalah penelitian adalah apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Grand Madina Hotel Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Grand Madina Hotel Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi pada penelitian ini adalah konsumen Grand Madina Hotel Pekanbaru sebanyak 3.577. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan asidental sampling, maka sampel yang diambil menggunakan rumus slovin sebanyak 97 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan uji hipotesis uji t. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan (X) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Grand Madina Hotel Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat t hitung 43,737 > 1,98525 t table dengan signifikan 0,000 lebih kecil dari 5%. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya variable kualitas pelayanan (X) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Grand Madina Hotel Pekanbaru. Nilai r square (koefisen determinasi) diperoleh sebesar 0,953. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memberikan kontribusi sumbangan pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Grand Madina Hotel Pekanbaru sebesar 95,3%, sedangkan sisanya sebesar (100%95,3%) = 4,7% dipengaruhi oleh variable lain diluar variable dalam penelitian ini.

References

BasuSwasthaDharmamestadan T. Hani Handoko. 2004.Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen. EdisiKetiga. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramIBMSPSS 21Update PLS Regresi. Semarang: BadanPenerbitUniversitasDiponegoro.

Kotlerdan Keller, 2007.ManajemenPemasaran,Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,Jakarta.

Kotlerdan Keller. 2009. ManajemenPemasaran. Jilid I. Edisike 13 Jakarta:Erlangg.

Kotler, Philip, &Amstrong, Gery, 2003, Dasar – DasarPemasaran, Jilid 1, Edisi 9, New Jersey.

Atmaja, Aditama Kusuma,2011sPengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Tiket Garuda di PT falah fantastic Tour TrevelBogor. Skripsi: Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip, 2007, ManajemenPemasaran, Jilid 2, Edisi 12, PT Indeks., NewJersey.

Kotler, Philip,2000,ManajemenPemasaran, EdisiMilenium, Jakarta,Prehallindo.

Hardiyati,Ratih 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran.Skripsi:UniversitasDiponegoro

Nangoi.2004. Pemberdayaan di Era EkonomiPengetahuan.Jakarta; PT Gramedia.

Wahyu Suci Prihatini Sinaga(2018) Pengaruh Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Pada Hotel Holie Di Pekanbaru.Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau.

Parasuraman. Arief,2007, Pemasaranjasadankualitaspelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.

Sugiyono.(2005). MetodePenelitianAdministrasi. Bandung: alfabeta

Zafirah 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Maskapai Penerbangan Lion AirDi BandarUdaraMutiara SIS Al-JufriPalu Skripsi: Universitas Islam Negeri (UIN)Malang

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D.Bandung: Alfabeta.CV.

Sugiyono. 2012. Metode PenelitianKuantitatifKualitatifdan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono.(2007).MetodePenelitianpedidikanpendekatankuantitatif,kualitatif,danR&D.Bandung: ALFABETA.

Sugiyono.(2011).Metodepenelitianpendidikan.bandung:Alfabeta.

SwasthadanHandoko 2000.ManajemenPemasaran“ Analisaperilakukonsumen“. Edisipertamacetakanketiga.BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.

Syofian, Siregar. 2014. MetodePenelitianKuantitatif. Jakarta: KENCANA.

Tjiptono, 2004, StrategiPemasaran, edisikedua, Andi, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy, 2008, StrategiPemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2003. StrategiPemasaran. EdisiKedua.Yogyakarta: AndiOffset.

Tjiptono,2005. PemasaranJasa, Malang: Bayumedia Publishing.

Tjiptono. 2006. ManajemenJasa. EdisiPertama. Yogyakarta :Andi

Umar.2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis.Jakarta.PT Raja graf indo Persada.

William J. Stanton dalam Siti Khotijah 2004. PersainganPasar Global .Bandung :PenerbitAlfabeta

Yuliarmi&Riyasa.(2007). “AnalisisFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pdam Kota Denpasarâ€.Buletin Studi Ekonomi Volume 12 Nomor 1.

Zulian, Yamit. (2004). ManajemenPemasaranJasa. Jakarta: SalembaEmpat.

Downloads

Published

2020-12-30

Issue

Section

Articles