PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KARAOKE KELUARGA FAMILY BOX PANAM DI PEKANBARU

Authors

  • Mulyadi Maswir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau

DOI:

https://doi.org/10.36975/jeb.v12i4.362

Keywords:

Consumer Satisfaction, Real Evidence, Caring, Reliability, Responsiveness, Guarantee

Abstract

The place and location of this research was conducted at Karoke Keluarga Family Box Panam in Pekanbaru which is located on Jalan. HR. Soebrantas Pekanbaru. This study aims to determine the effect of service quality on consumer satisfaction Karoke Keluarga Family Box Panam Pekanbaru. In analyzing the data obtained from the object of this research using quantitative descriptive analysis. From the results of the multiple linear regression equation research, it is known that Y= 1.770 + 0.205X1 + 0.365X2 + 0.234X3 + 0.326X4 + 0.244X5, the conclusion is that service quality has a significant influence on the satisfaction of Karoke Family Family Box Panam Pekanbaru. The results of the discussion can be concluded that service quality affects the satisfaction of Karoke Family Family Box Panam Pekanbaru consumers, this is indicated by the influence of service quality indicators with consumer satisfaction. By knowing the value of R Square (R²) of 0.575 or 57.5% . Adjusted R Square is used to determine the percentage influence of the independent variable (Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, Assurance) on changes in the dependent variable (Consumer Satisfaction). The conclusion that can be drawn is the magnitude of the influence of the independent variable (Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, Assurance) on the dependent variable (Consumer Satisfaction) is 57.5%, while the remaining 42.5% is influenced by other variables

References

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Buchari Alma, 2011. Manajemen Pemasaran dan pemasaran jasa, Bandung : penerbit alfabeta.

Burhan Nurgiantoro dkk, 2004. Statistik terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Davis, Gordon B, 2004, Kerangka Dasar Informasi Manajemen, Pustaka Binaman Pressindo,Jakarta.

Duwi Priyatno, 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media, Yogyakarta.

Gasper. 2007.Organization Exelence, Model Strategi Menuju World Class Quality Company.PT Gramedia Pustaka Umum. Jakarta.

Gozali, Imam. 2006 Aplikasi Analisis Multi Variate Dengan Program SPSS. Cetakan keempat. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irawan, H. 2004. Indonesia Customer Satisfaction: Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang ICSA. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit PT. Prenhallindo, Jakarta.

. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisi, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Sebelas. Alih Bahasa, Hendra Teguh. Jakarta: PT. Prenhallindo.

. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, P & Amstrong, 2010. Pinciples Of Marketing, Thirteen Edition New Jersey: Prentice-Hall,Inc

Kotlet, P & Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Cetak pertama Edisi Bahasa Indonesia PT. Indeks, Jakarta.

, 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga belas, Jilid 2, PT. Gelora Aksara Pratama, Jakarta.

Kuswadi. 2004. Cara Mengukur Kepuasan Karyawan. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Lovelock, Cristoper, Jochen Wirtz dan Jacky Mussry, 2012, Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi kedua. Jakarta : Penerbit Sinambela Empat.

Lupiyoadi, R. Dan Hamdani, A. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Moenir, A.S. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, PT. Buki Aksara.

Ratminto, Atik Septi Wanarsih. 2005. Manajemen Pelayanan, Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, N. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinambaru.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Sinambela, L,P, 2010. Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan dan Implementasi, Cetakan ke Lima Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Siswanto sutojo, 2004. Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: Darma Mulya Pustaka

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen; Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutedja. 2006. Panduan Layanan Konsumen. Grasindo. Jakarta.

Swasta, Basu 2004. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar.Rinekacipta. Jakarta.

. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFE-Yogyakarta.

Tjiptono Fandy, 2000, Strategi Bisnis, Andi, yogyakarta

, 2004, Strategi Pemasaran, Edisi kedua, Andi, Yogyakarta.

. 2005. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia.

, 2007, Strategi Pemasaran. Edisi Kedua, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2021-12-27

Issue

Section

Articles