FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU NASABAH SIMPAN PINJAM PADA UNIT SIMPAN PINJAM (USP) SWAMITRA FATMA PESONA ADIKARYA PEKANBARU

Authors

  • Diana Sri Dewi STIE Riau
  • Fitri Hastuti STIE Riau

DOI:

https://doi.org/10.36975/jeb.v9i4.177

Keywords:

Cultur Factors, Social Factors, Individuals Factors, Psychological Factors, Custumer Decisions

Abstract

This reseach held at savings and loan unit Swamitra Fatma Pesona Adikarya Pekanbaru at Soekarno Hatta Street No.7E, The Morning Market Arengka Pekanbaru. This reaseach aims to knowing factors that influincing customer behaviour in borrowed funds at saving and loan unit Swamitra Fatma Pesona Adikarya Pekanbaru. Sample in this research as many as 60 respondents. Data were analyzed quantitatively by using validity test, reability, test F (simultaneous test), test T (partial test), multiple linear regression analysis, R-squer and classic assumption test. Result of this research shows that cultural factors and individual factors have a significant influence on customer decision in borrowed funds at saving and loan unit Swamitra Fatma Pesona Adikarya Pekanbaru, while social factors and psychological factors have no significant effect on customer decision saving and loan unit Swamitra Fatma Pesona Adikarya Pekanbaru. The result of this research analysis using help of SPSS 21.0. Based on the results obtained from the variabel Y (Customer Decision). Obtaired adjusted R-squer amount 0,740 or 74% while the remaining amount 26% influenced by anathor variabels which is ignored or not exsamined in this reseacrh

References

Kotler,Philip dan Ketler, Kevin lane. 2012. Markting managemen 14th Edition. New Jersey:Pearson Education, Inc.

Sumarwan, Ujang, 2004. Perilaku Konsumen Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Cetakan kedua. Ghalia Indonesia. Bogor Selatan.

Ronandes, Victor (2015), faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli keramik di toko sumber bangunan Teluk Kuantan.

Oktakarina,Retno (2015), penelitian ini berjudul analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih transportasi jasa (studi kasus bus Trans Jakarta Koridor II)

Lisa Tina Ria (2012), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Berbelanja Pada Swalayan 999 Pekanbaru.

Sutisna (2003)perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran,Rosda Karya, Bandung

Mowen, Jhon C dan Michael Minor. 2009. Perilaku konsumen. Edisi kelima jilid1

Kotler, (2005), manajemen pemasaran. Erlangga. Jakarta

Arikunto.Suhasimi.2010. Prosedur penelitian Suatu Pendektan Praktek. Edisi revisi. Bumi Aksara.Jakarta.

Sugiyono.2008. metode penelitian bisnis.cetakan ke 17. Penerbit CV alfabeta.bandung

Umar,Husain (2005). Studi kelayakan bisnis,Edisi Kedua,Gramedia Pustaka Utama,Jakarta

Situmorang, syafrizal helmi dkk. 2010. analisis data: untuk riset manajemen dan bisnis.USU Press: Medan.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Gozali, imam, 2005. Aplikasi analisis multivariat dengan SPSS, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Seslina, berli (2012), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap keputusan membeli obat herbal pada PT. Marga Nusantara Jaya (KONIMEX) cabang Pekanbaru

Febrianto, dino (2013), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi keputusan masyarakat dalam meminjam dana pada UED SP (usaha ekonomi desa simpan pinjam)harapan sentosa desa rantau sialang kecamatan kuantan mudik)

Downloads

Published

2018-12-27