ANALISIS KEBERHASILAN USAHA PAKAN TERNAK CV. MUDA JAYA MANDIRI DITINJAU DARI ASPEK PEMASARAN DAN KEWIRAUSAHAAN

Authors

  • Iskandar Iskandar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau

DOI:

https://doi.org/10.36975/jeb.v10i4.248

Keywords:

Aspek Pemasaran, Kewirausahaan, Keberhasilan usaha

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di CV. Muda Jaya Mandiri yang terletak di Teratak Buluh Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh aspek pemasaran dan kewirausahaan terhadap tingkat keberhasilan  usaha pakan ternak pada CV. Muda Jaya Mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan sampel yang berasal dari seluruh pelanggan CV. Muda Jaya  Mandiri  berjumlah 54 orang, dengan menggunakan metode  acak sederhana (incidental random sampling). Metode analisa data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan menguraikan tentang seluruh keadaan yang terjadi.             Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tanggapan positif dari responden. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif pada variabel aspek pemasaran dan aspek kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha pakan ternak pada CV. Muda Jaya Mandiri. Rekomendasi yang dapat penulis ajukan adalah untuk lebih meningkatkan penjualan pakan ternak hendaknya pihak perusahaan yang mana disini CV. Muda Jaya Mandiri agar lebih menekankan pada aspek pemasaran yakni pada variable harga dan pada variable distribusi. Untuk meningkatkan penjualan pakan ternak usaha faktor harga seharusnya lebih bersaing dengan produk pakan ternak pesaing yang disini yaitu pakan pabrikan. Selain itu saluran distribusi sangat berperan aktif dalam meningkatkan penjualan pakan ternak diharapkan pihak perusahaan lebih memasarkan hasil produknya keluar daerah sehingga produk CV. Muda Jaya Mandiri bisa lebih dikenal oleh orang lain.

References

Benedicta Prohatin Dwi Riyanti, 2003. Kewirausahaan Dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian, Edisi Pertama, PT. Grasindo, Jakarta.

E. Jerome MC. Charty, (Terjemahan oleh Gunawan Hutauruk MBA), Dasar-dasar Pemasaran, Erlangga, Jakarta. 2000.

Halim Herman Edyanus, 2002, Menjadi Wirausahawan Handal, Bahana Press, Pekanbaru

Kotler Philip. 1998, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan Implementasi dan Kontrol, Edisi Revisi Jilid 2, 1998.

¬¬¬¬¬___________, 2003, Manajemen Pemasaran Edisi kesebeas, jilid 1, penerbit PT Indeks Kelompok Gramedia,

Meredith, Geoffry G.et al, Penerjemah Andre Aspasayogi, 2002., Kewirausahaan teori dan praktek. PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Marnis, 2007., Pengantar Bisnis, Penerbit Unri Press, Pekanbaru.

Moezamil Zamahsari., Pemasaran Internasional Intermedia, Jakarta 1995.

Nitisemito, Akex S. B. Marketing, Jakarta: Ghalia Indonesia,1996

Puji Lestari, Sri Indarti, 1999, Pengukuran Konerj Koperasi, “Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Departemen Koperasi dengan pendekatan Balanced Scorecard, Tesis Pascasarjana UI, Jakarta (Tidak dipublikasikan).

Robert D. Hisrich, dkk, 2008., Entrepreneurship Kewirausahaan. Penerbit Salemba Emat, Jakarta.

Siagian. P. Sondang., Manajemen Strategi, Penerbit Bumi Akasara, Jakarta, 1995.

Swastha, DH. Basu. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Saluran Pemasaran. Yogyakarta: FE-UGM, 1997.

Sutejo Siswanto. Karangka Dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Binaan, 1996.

Suryana, 2003. Kewirausahaan, Edisi Revisi, Selemba Empat, Jakarta.

Soeharto, Prawirokusumo, 1999, Kewirausahaan dan Usaha Kecil, Lembaga Perekonomian Nahdatul Ulama, Jakarta.

Suwandi, 2000., Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Kewirausahaan dan Hubungannya dengan Kinerja Usaha, Disertasi Pascsarjana Unpad (tidak dipublikasikan

Siswanto, H.B, 1994, Pengantar Manajemen, Jakarta, Penerbit PT. Bumi Aksara

Umar, Husein, 2003, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

William J. Satanton. Perinsip Pemasaran, Edisi VII, Alih Bahasa Sudu Sundaru, Jakarta: Erlangga, 1997.

Winardi. Manajemen Pemasaran. Bandung: Sinar Baru, 2000.

Zimmerer,W. Thomas, Norman, M Scarborought, 2002. Pengantara Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil, Alih Bahasa Yanto Sidik pratiknyo dan Edina Tjahyaningsih, prenhallindo, Jakarta

Downloads

Published

2019-12-30