PENGARUH CITRA KOPERASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) KANTOR KEMENTRIAN AGAMA KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.36975/jeb.v11i4.297Keywords:
Citra Koperasi, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan AnggotaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh citra koperasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kantor Kementrian Agama Kota Pekanbaru. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 orang anggota dari 529 populasi dengan menggunakan sampel secara acak (Random Sampling). Pada penelitian ini menggunakan uji hipotesis yang terdiri dari uji T dan Uji F. Berdasarkan hasil uji T terbukti bahwa citra koperasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota, ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (6.431 > 1.291) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota, ditunjukkan dangan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2.526 > 1.291) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,013 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F terbukti bahwa citra koperasi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota, ditunjukkan dengan nilai fhitung lebih besar dari ftabel (153.093 > 0.311).References
Alma, Buchari, 2018. Pengantar Bisnis, Bandung : Alfabeta.
Chaerunisa Shafira. Analisis Pengaruh Kepuasan Pelayanan, Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Anggota di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Artha Sejati Cilacap Jawa Tengah, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Daniaty Maretta, 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Nasabah serta dampaknya terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank BPJS KCP Ciputat, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
David Handrianus dan Logo Yenny, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan Garuda Indonesia di Jakarta, Universitas Tarumanagara, Jakarta
Ghozali, Imam, 2016. Aplikasi Analisis Multivariete, Semarang : Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate, Semarang : Universitas Diponegoro.
Http://nik.depkop.go.id (Di akses 1 April 2020)
Https://materibelajar.co.id/pengertian-koperasi-menurut-para-ahli/ (Di akses 2 April 2020)
Https://romerto.blogspot.com/2016/01/jenis-citra-frank-jeffkins.html?m=1 (Di akses 2 April 2020)
Https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-koperasi.html (Di akses 1 April 2020)
Kusdayanti Niken, 2016. Pengaruh Citra Koperasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia Setia kec. Mojotengah kab. Wonosobo, Universitas Negeri Yogyakarta
Lupiyoadi, Rambat, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa berbasis kompetensi, Jakarta : Salemba Empat.
Lutfiyani Vika dan Soliha Euis, 2019. Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Anggota (studi pada KSPPS) Bondho Ben Tumoto Semarang), Universitas Stikubank, Semarang
Nickles, dkk, 2010. Pengantar Bisnis, Jakarta : Salemba Empat.
Riduwan, 2010. Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Alfabeta, Bandung
Rochman Abdul, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen (studi kasus pada Yogyatorium Dagadu Yogyakarta), Universitas PGRI Yogyakarta
Sangadji, EM., dan Sopiah, 2013. Perilaku Konsumen, Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Sekaran, Uma, 2007. Research Methods For Business, Jakarta : Salemba Empat.
Sonya Delvina, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Mahasiswa. Skripsi, Jurusan Manajemen, STIE Mahaputra Riau, Pekanbaru
Sugiyono, 2010. Metode Penlitian Bisnis, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Sunyoto, Danang, 2013. Metodologi Penelitian Akuntasi, Bandung : PT. Refika Aditama.
Sutrisno, dkk, 2017. Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan serta Citra Koperasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Anggota. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, Volume 7, Nomor 2, Desember.
Tangguh W Ghalih Galang, dkk, 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Ride, Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 21, Nomor 2, Agustus.
Tjiptono, Fandy., dan Chandra, 2011. Service, Quality & Satisfaction, Edisi 3, Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Tjiptono, Fandy., dan Diana, 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi, Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Tjiptono, Fandy, 2014. Pemasaran Jasa – Prisip, Penerapan, Penelitian, Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Wattimena Christian Nathanael, 2018. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dalam Membentuk Loyalitas Konsumen Go-Ride, Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Widiyanto Rahmat, dkk, 2019. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Artikel Majalah Farmaseutik, Volume 16, Nomor 1, September.
Zakiyudin, Ais, 2016. Manajemen Bisnis, Jakarta : Mitra Wacana Media